Find Artist :   A   B   C   D   E   F   G   H   I   J   K   L   M   N   O   P   Q   R   S   T   U   V   W   X   Y   Z  
MUSIC INFO - Potret Rilis Album The Best of "From Dawn To Beyond"

 | 6 Juli 2001 |

Ketika keinginan untuk berkarya dalam bermusik terus menggebu dalam hati seniman, maka akan terjadi hal yang menarik untuk dicermati. Bentuk, bunyi, pemikiran dan pendekatan musik akan berbeda dari sebelumnya.

Ketika seniman merasa tidak nyaman juga dapat merubah bentuk karya. Hasilnya, bisa menjadi baik sekali atau menjadi sebuah kekacauan dalam karyanya. Seniman selalu merasa tidak nyaman, di dalam dirinya selalu ada perasaan tidak puas.

POTRET terus berkarya dan terus berubah, album ini merupakan hasil dari pernyataan di atas. Perubahan demi perubahan akan terasa di dalam album ini. 

Karya POTRET yang berawal dari lagu berjudul Terbujuk, bila kita cermati sangat berbeda dari bentukan lagu-lagu POTRET selanjutnya, seperti lagu Salah adalah suatu perubahan yang tidak kita temui dalam album sebelumnya. Suasana hati sangat berpengaruh dalam proses berkarya.

Ketika kita semua merasa tidak aman, dalam diri kita berubah menjadi sangat kasar dan defensif, hal ini muncul begitu saja mengikuti situasi disekitar kita, seperti sebuah tanda agar jangan ada yang mengganggu kita. 

Ini adalah suatu sikap yang keluar karena ada gangguan dari perasaan kita. Diam, Bagaikan Langit merupakan sikap responsif dari suatu keadaan yang bagi POTRET merupakan sebuah situasi yang tidak aman. Semua berubah menjadi sangat keras, kasar. Lirik juga berubah dari naif menjadi lebih seenaknya, tidak ada basa basi, tidak ada kalimat-kalimat indah ala Khalil Gibran atau Chairil Anwar, tidak ada cerita indah Hemmingway atau Shakespeare dalam album tersebut.

Karya POTRET terus berlanjut. 

Do It (baca: duit) menceritakan segalanya dapat dirubah oleh duit (uang), yang salah jadi betul, hitam jadi putih, kecil jadi besar. 

Semua aspek kehidupan bisa jadi berubah. Banyak cerita tentang ketidak adilan. Kecurangan skala kecil maupun skala besar sampai pada akhirnya kita tidak lagi tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik, mana yang salah dan mana yang betul. Kita cenderung untuk berlaku mengikuti hal-hal yang enak untuk kita tapi belum tentu ada di dalam konteks yang benar. Hidup kita memang penuh dengan cerita tentang uang.

POTRET membuka episode baru, FROM DAWN TO BEYOND, ( begitu judulnya ) yang merupakan album kumpulan lagu-lagu POTRET sebelumnya, dimana Aksan Syuman masuk menggantikan posisi Arie Ayunir untuk 2 lagu baru dalam album ini, masuknya Aksan Syuman diyakini oleh Anto Hoed merupakan sebuah perubahan yang sangat baik untuk perkembangan POTRET selanjutnya.

Kontribusi seniman lain untuk POTRET dalam 2 lagu ini adalah Didit, Baron, dan Tohpati.

SALAM MUSIK INDONESIA.